March 13, 2014

Katanya Main Game Itu Merusak Bagi Anak, Emang Iya?

www.goggle.com
Siapa yang tidak pernah memainkan game? Pasti semua orang pernah memainkan games, entah itu di ponsel, komputer, atau pun di konsol game yang sudah banyak di jual dimana-mana. Banyak jenis-jenis game yang ada di dunia ini, mulai dari games yang sederhana sampai game yang kompleks, dari game yang dimainkan di konsol hingga komputer. Saat ini saya ingin membahsa tentang game konsol, game yang saat ini sedang digandrungi oleh khalayak umum karena tidak henti-hentinya mengeluarkan inovasi baru dari game yang mereka luncurkan ke publik.
Game itu merusak moral, game itu bikin males, game itu ga mendidik. Kata kata itulah yang keluar dari orang orang yang hanya memandang game sebelah mata. Saat ini, banyak inovasi-inovasi baru untuk game konsol, seperti game yang mengasah kemampuan berfikir dan juga kreatifitas sang anak. Tidak sedikit perusahaan game yang mengeluarkan jenis-jenis game yang membantu anak mengasah kemampuan mereka sehingga game bisa menjadi salah satu pilihan sarana pembelajaran bagi anak-anak.
Rating yang tersedia dal am game - www.google.com
Gambar diatas menunjukan bahwa game juga mempunya rating mereka sendiri, mulai dari game yang di buat untuk anak kecil sampai game yang dibuat hanya untuk dimainkan oleh orang dewasa. Pemilihan game tidak terlepas dari peranan orang tua, orang tua dapat membimbing anaknya untuk memainkan game yang pantas atau yang sesuai dengan umur si anak. Pembatasan waktu bermain juga wajib dilakukan oleh orang tua agar anak tidak hanya mementingan bermain game saja, tapi juga hal hal penting lainnya seperti beribadah dan belajar tentunya.

Jenis-jenis konten yang terdapat dalam sebuah game - www.google.com
Sebagai orang yang sangat suka dengan game, saya tidak setuju dengan pendapat orang yang mengatakan bahwa game itu merusak karena tidak sedikit game-game yang mendidik. Konten yang ada dalam sebuah game juga harus menjadi perhartian orang tua karena ada beberapa game yang menyajikan konten kekerasan, kata-kata kotor, dan lain-lain. Game bisa dikategorikan merusak bagi anak jika tidak adanya pengawasan terhadap anak saat memainkan game tertentu. Jadi, masih berfikiran kalau game itu merusak?

No comments:

Post a Comment