March 06, 2014

Bullying: Mendidik atau Dididik?

www.google.com


Detik-detik mau masuk kuliah, khususnya ke universitas dengan tingkat senioritas yang tinggi, pasti memiliki ketakutan terhadap tindakan bully yang dilakukan oleh para senior. Sebenarnya apasih manfaat bullying? Apa yang mendasari seseorang mem-bully orang lain? dan apa sebabnya?. Pertama-tama, saya akan menjelaskan apa itu bullying, bully adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang mengganggu orang yang lemah. Prilaku bully sekarang sudah dilakukan di SMA, SMP, bahkan SD.



Ada dua versi bully, bully verbal dan bully non-verbal. Bully verbal adalah tindakan yang dilakukan dengan memberikan sebutan yang kurang sopan untuk sesorang, contohnya memanggil dengan sebutan bodoh, pendek, atau apapun yang bersifat kasar. Bully non-verbal adalah  tindakan yang dilakukan dengan memberikan kekerasan secara fisik, contohnya memukul, menendang, dan lain lain. Faktor penyebab bullying di kalangan universitas adalah rasa dendam. Rasa dendam yang ditimbulkan karena sebelumnya mereka dibully oleh senior mereka dan akhirnya melampiaskan kepada junior mereka. Sehingga mereka tidak segan-segan mem-bully junior mereka meskipun tanpa sebab yang jelas.
Menurut pengalaman pribadi saya,  sebelum saya kuliah di universitas yang sekarang, saya sempat kuliah di perguruan tinggi swasta di jakarta. Saat itu saya terpaksa masuk kesana karena saya tidak diterima di perguruan tinggi yang saya inginkan. Sebelumnya, saya berfikir senioritas hanya saat ospek. Ternyata saya salah, tindakan bullying berlangsung terus menerus sampai saya mengundurkan diri dari universitas tersebut. banyak tindakan yang tidak manusiawi yang dilakukan disana, seperti kekerasan fisik dan perkataan yang tidak pantas dikeluarkan oleh seorang akademisi. 
Perbandingan ospek di luar negeri dan di indonesia - http://noichil.wordpress.com

Menurut saya bullying adalah hal yang sangat tidak pantas jika dilakukan semata-mata mengatasnamakan penguatan mental atau agar bisa bertahan dalam persaingan dalam dunia kerja. Di dunia kerja juga tidak mugkin melakukan perlakuan yang tidak manusiawi sampai melakukan pemukulan dan lain-lain. Saran saya untuk petinggi universitas mana pun untuk menindak tegas terhadap pelaku pelaku tindakan tersebut, agar tidak ada lagi pihak yang merasa dirugikan. Bagi orang orang yang suka mem-bully orang lain, apa sih untungnya buat kalian ngelakuin hal tersebut?.

No comments:

Post a Comment